Perkenalan

Assalamualaikum...
Awalnya, menyulam merupakan hobi yang Saya tekuni di sela-sela kesibukan Saya sebagai karyawan. Alangkah nikmat dan damainya jika Saya sedang mengerjakan suatu proyek sulaman. Sepertinya, ada sesuatu yang tersalurkan. Diakui atau tidak, menyulam memberi waktu pada Saya untuk berfikir lebih taktis dalam membuat perencanaan... Hehehe, boleh dibilang menjadi inspirasi yang sangat hebat. Inspiring works, inspiring time, inspiring to relax... i don't know ...
Sekarang, menyulam sudah bukan lagi sekedar hobi. Ternyata melalui menyulam, Saya mampu memberi sedikit pengetahuan dan pekerjaan pada ibu-ibu di sekitar Saya. Silahkan tengok-tengok hasil karya Saya. Jika Berminat untuk membeli, silahkan tinggalkan pesan, atau email di nawaza09@yahoo.com, atau lebih cepat lagi kontak di nomor saya : 085228690194 or 085729673533.
Mungkin pula, suatu saat jika ada waktu, Saya berbagi ilmu yang cuma setitik ini. Okey. Selamat berkunjung... Selamat berbelanja
Wassalamualaikum wr wb

28 Agu 2012

PROYEK SULAM BAYANG UNTUK SEPTEMBER LAUNCHING

Assalamualaikum wr. wb
dah lama pengin berbagi ilmu menyulam. Dah lama juga ada teman yang inbox, katanya mau juga belajar menyulam. Tapi, waktunya gak ada buat nyusun tutorialnya. Kalo nggak disempetin, kapan sempetnya ya??? hehehe... pemalas!!!
Nach, meskipun sederhana dan banyak kurangnya, aku coba upload bagaimana aku membuat sulaman. kali ini aku ambil proyek terbaruku... SULAM BAYANG.
Sulam bayang adalah sulaman yang dilakukan pada kain bagian dalam, dan pada bagian luar yang nampak adalah bayangannya.

Bahan dan Alat yang dibutuhkan :

1. kain tipis, bisa organdi, paris atau kain2 yang notabene cenderung tembus pandang. Fokusku adalah membuat kerudung, jadi paris merupakan bahan aplikasi untuk tutorial kali ini.
2. Pemindangan
3. Jarum
4. Benang sulam. Benang sulam yang aku gunakan adalah benang sulam katun gulung.
5. Tentunya kertas berpola motif dan karbon untuk menjiplak motif pada kain.

tahapan :
1. MENJIPLAK MOTIF : Untuk jenis sulam bayang, gunakan kain bagian dalam untuk menjiplak motif.
2. MEMASANG PEMINDANGAN : posisikan kain bagian dalam pada bagian luar yang akan kita sulam
3. TEKNIK SULAM : sulam dengan model zigzag atau tusukan jarum pada dua sisi garis yang membentuk suatu gambar... pola silang akan mengisi bagian dalam gambar.
4. Pada pola yang hanya berbentuk satu garis maka gunakan teknik tusuk batang
5. Sulaman selesai, lihatlah dengan cara membalik kain. Akan nampak bayangan sulaman yang tadi kita buat.
Berikut beberapa gambar :
alat yang diperlukan .... (maaf warna benang yang di upload bukan yang digunakan pada sulaman yang dicontohkan)

posisi masang pemindangan... yang nampak bergambar adalah bagian dalam kerudung. Bagian itu yang kita sulam secara zigzag


Jika dibalik, seperti ini hasilnya yang nanti akan kita tampilkan... Ini lum selesai ya. Cuman gambaran dikit

Lanjutin disulam lagi untuk menemukan bayangan dan bentuk yang kita inginkan. tuh masih ada satu line pola lagi (gambar di atas, masih ada yang bergaris karbon biru).



Ini hasilnya sebagian jika diliat dari bagian dalam. Liat bunga2 merah dan orange khan? itu kalo dari dalam.



Nah ini hasil akhirnya...


Selamat mencoba... Silahkan berbelanja di toko ol ku ya. Motif sulam bayang lainnya gak bisa dimunculin disini. tapi bakal muncul di ETALASE. Tunggu ya!
Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar